Senin, 18 Maret 2013

Teori Organisasi Umum 2#



Nama : Geeta Putri Mayangsari.
Kelas    : 2KA32
Npm    : 13111022

Penentuan  Harga Permintaan dan penawaran
A.      Pengertian Permintaan.
Pengertian dari Permintaan itu sendiri adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu.Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan,Sebagai berikut :
  • Pendapatan konsumen, pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.
  • Harga barang atau jasa pengganti, pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.
  •  Harga barang atau jasa pelengkap, Keduanya merupakan kombinasi barang yang sifatnya saling melengkapi.
  • Perkiraan harga di masa datang, konsumen menduga harga barang akan terus mengalami kenaikan di masa datang, maka konsumen cenderung untuk menambah jumlah barang yang dibelinya.
  • Selera, selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan.

B.      Hukum Permintaan
Hukum Permintaan berbunyi “apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan, Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini dikarenakan:
naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah”.
Kurva dari Permintaan adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).

Contoh Permintaan :
untuk seorang mahasiswa bila harga pulpen lebih mahal dari pensil, maka ia akan cenderung untuk membeli pensil.


C.      Pengertian Penawaran.

Pengertian Penawaran adalah selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran  ,Sebagai Berikut:
  • Pajak, semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan berakibat naiknya harga barang dan jasa yang akan membawa dampak pada rendahnya permintaan konsumen dan berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan.
  •  Teknologi, kemajuan teknologi akan menyebabkan pengurangan terhadap biaya produksi dan produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah yang lebih besar lagi.
  • Biaya produksi, Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak laku.
  • Perkiraan harga barang di masa datang, Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak laku.
  • Tujuan dari perusahaan, Bila perusahaan berorientasi untuk dapat menguasai pasar, maka dia harus mampu menekan harga terhadap barang dan jasa yang ditawarkan sehingga keuntungan yang diperoleh kecil.
  • Harga barang pengganti (subtitusi), bila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.

D.      Hukum Penawaran.
Hukum penawaran berbunyi: “bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga”. Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).
Contoh Penawaran :
harga beras meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu Jagung lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual Jagung.


Kesimpulan:
Permintaan Dan Penawaran pada dasarnya mempunyai pengertian yang sama hanya saja yang membedakan jika harga dari suatu permintaan naik maka jumlah barang akan turun,sedangkan bila tingkat harga penawaran naik maka jumlah barang akan naik,begitupun sebaliknya.
Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar