Nama : Geeta Putri Mayangsari.
Kelas : 2KA32
Npm :
13111022
Penentuan Harga Permintaan dan penawaran
A.
Pengertian
Permintaan.
Pengertian dari Permintaan itu sendiri adalah sejumlah barang yang
akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu.Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan,Sebagai berikut :
- Pendapatan konsumen, pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.
- Harga barang atau jasa pengganti, pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.
- Harga barang atau jasa pelengkap, Keduanya merupakan kombinasi barang yang sifatnya saling melengkapi.
- Perkiraan harga di masa datang, konsumen menduga harga barang akan terus mengalami kenaikan di masa datang, maka konsumen cenderung untuk menambah jumlah barang yang dibelinya.
- Selera, selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan.
B.
Hukum
Permintaan
Hukum Permintaan
berbunyi “apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami
penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan
mengalami kenaikan, Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah
barang yang diminta, hal ini dikarenakan:
naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah”.
naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah”.
Kurva dari Permintaan
adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang
dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan
titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang
(sumbu X).
Contoh Permintaan :
untuk seorang mahasiswa bila harga pulpen lebih mahal dari pensil,
maka ia akan cenderung untuk membeli pensil.
C. Pengertian Penawaran.
Pengertian Penawaran adalah selera
konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah
barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan. Faktor-faktor yang
mempengaruhi Penawaran ,Sebagai Berikut:
- Pajak, semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan berakibat naiknya harga barang dan jasa yang akan membawa dampak pada rendahnya permintaan konsumen dan berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan.
- Teknologi, kemajuan teknologi akan menyebabkan pengurangan terhadap biaya produksi dan produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah yang lebih besar lagi.
- Biaya produksi, Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak laku.
- Perkiraan harga barang di masa datang, Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak laku.
- Tujuan dari perusahaan, Bila perusahaan berorientasi untuk dapat menguasai pasar, maka dia harus mampu menekan harga terhadap barang dan jasa yang ditawarkan sehingga keuntungan yang diperoleh kecil.
- Harga barang pengganti (subtitusi), bila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.
D.
Hukum
Penawaran.
Hukum penawaran berbunyi: “bila tingkat harga mengalami kenaikan
maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka
jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang
ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya
menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat
harga”. Kurva penawaran adalah
kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan
oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan
titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang
(sumbu X).
Contoh Penawaran :
harga beras meningkat menyebabkan
harga barang penggantinya yaitu Jagung lebih rendah, sehingga penjual lebih
banyak menjual Jagung.
Kesimpulan:
Permintaan Dan Penawaran pada
dasarnya mempunyai pengertian yang sama hanya saja yang membedakan jika harga dari
suatu permintaan naik maka jumlah barang akan turun,sedangkan bila tingkat
harga penawaran naik maka jumlah barang akan naik,begitupun sebaliknya.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar