Selasa, 21 Oktober 2014

Softskill Telematika 2

Contoh Penggunaan Telematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknologi pada zaman sekarang sangat maju pesat dengan cepat. Orang dewasa maupun anak-anak, semua telah setuju bahwa teknologi telah menjadi kebutuhan kehidupan sehari-hari mereka. Alat elektronik saat ini pun sangat banyak macamnya Semua menunjukkan dan menyajikan spesifikasi yang sangat menakjubkan. ada banyak bentuk pemanfaatan telematika dalam kehidupan sehari-hari yang mempunyai istilah masing-masing yaitu :

* Bentuk – Bentuk Pemanfaatan Telematika
Ragam bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang di berbagai sektor, maka tidak menutup kemungkinan terjadi tumpang tindih. Semua kegiatan dengan istilah work and play dapat menggunakan telematika sebagai penunjang kinerja usaha semua usaha dalam semua sektor, sosial, ekonomi dan budaya. Bentuk-bentuk diantaranya adalah :
- e-Government : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan pendayagunaan teknologi telematika dan mengubah administrasi pemerintahan  secara manual menjadi elektronik.
- e-Learning : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan pendidikan terbuka secara jarak jauh dan lebih berkembang dengan berbasis media internet berbasis web dan situs.
- e-Commerce : Dibuat dengan maksud menerapkan semua proses transaksi perdagangan baik itu jual/beli, transfer uang, mengirim dokumen, memasang iklan dilakukan secara online.
- e-Health : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan pelayanan kesehatan masyarakat secara online dengan sistem pelayanan kesehatan yang baik baik akses layanan, mudah dan murah.
- e-Research : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan kegiatan riset yang menggunakan serangkaian fasilitas teknologi informasi dan komunikasi sehingga nantinya akan melahirkan cara kerja dan metode riset baru.
-  e-Assessment : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan proses penilaian elektronik dimana teknologi informasi dan komunikasi dipakai untuk mepresentasikan aktivitas penilaian dan untuk menyimpan jawaban atau tanggapan, biasanya e-assessment digunakan di kalangan dunia kerja dan akademisi.


Salah satu contoh penggunaan telematika yang saya gunakan adalah Kaskus (e-commerce), Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan. Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan luar negri.
kaskus memiliki istilah, yakni e-commerce. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko yang menjual buku,baju, dll. dengan cara mempromosikan dan menampilkan spesifikasi dari suatu barang yang akan dijual.

http://mardiseptianto.blogspot.com/2010/11/contoh-teknologi-telematika-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar