Selasa, 15 Oktober 2013

tugas ke 3 bahasa indonesia


Tugas Bahasa Indonesia (EYD dan Tanda Baca)

saya akan menjelaskan bagaimana cara mempelajari EYD dan tanda baca pada suatu berita yang di beberapa kata masih menggunakan kata tidak baku dan tanda baca yang belum benar.tetapi sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai EYD dan tanda baca.

Pengertia EYD adalah  Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun1972. Ejaan ini menggantikan ejaan-ejaan sebelumnya,Ejaan Republik atau Ejaan Soewandi. Pada dasarnyaejaan adalah seperangkat aturan tentang cara menuliskan bahasa dengan menggunakan huruf, Kata, dan tanda baca sebagai sarananya.Batasan tersebut menunjukan pengertian kata ejaan berbeda dengan kata mengeja. Mengeja adalah kegiatan melafalkan huruf, suku kata, atau kata; sedangkan ejaan adalah suatu sistem aturan yang jauh lebih luas dari sekedar masalah pelafalan. Ejaan mengatur keseluruhan cara menuliskan bahasa.Ejaan merupakan kaidah yang harus dipatuhi oleh pemakai bahasa demi keteraturan dan keseragaman bentuk, terutama dalam bahasa tulis.
berikut adalah contoh pembahasan dan pembenaran :



Kondisi Sekarang Gunung  Tangkubanparahu.


Gunung Tangkubanparahu yang berdiri di perbatasan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang, Jawa Barat, masih berstatus Waspada. Bagaimana kondisi terakhir gunung yang identik dengan cerita legenda Sangkuriang itu?

Pejabat Pelaksana Bidang Penyelidikan Pengamatan Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), i gede suantika
, mengatakan, secara visual sejak pagi tadi tidak ada tanda-tanda peningkatan aktivitas di Kawah Ratu.

Meski begitu, di Kawah Ratu keluar embusan uap air bercampur gas berwarna putih tipis yang mengepul dengan intensitas sedang.

“Di lokasi juga masih terekam beberapa aktivitas vulkanik berupa gempa vulkanik dangkal dan dalam,” sebut Gede , Selasa (15 oct 2013).

Dalam 3 hari terakhir juga terekam tremor dengan durasi sekira enam menit yang semakin meningkat. “Tremor ini merupakan cerminan adanya aliran fluida gas atau migrasi tekanan ke permukaan,” jelasnya.


Pembenarannya :

Kondisi Terkini Gunung Tangkubanparahu.


Gunung Tangkubanparahu yang berdiri di perbatasan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang, Jawa Barat, masih berstatus Waspada. Bagaimana kondisi terakhir gunung yang identik dengan cerita legenda Sangkuriang itu?

Pejabat Pelaksana Bidang Penyelidikan Pengamatan Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika 
(seharusnya setiap pemberian nama diawalai dengan huruf besar)
, mengatakan, secara visual sejak pagi tadi tidak ada tanda-tanda peningkatan aktivitas di Kawah Ratu.

Meski begitu, di Kawah Ratu keluar hembusan(belum menggunakan kata baku) uap air bercampur gas berwarna putih tipis yang mengepul dengan intensitas sedang.

“Di lokasi juga masih terekam beberapa aktivitas vulkanik berupa gempa vulkanik dangkal dan dalam,” sebut Gede kepada , Selasa (15/10/2013)(tanggal pada berita tersebut sebaiknya menggunakan angka).

Dalam tiga(untuk penulisan angka menggunakan huruf) hari terakhir juga terekam tremor dengan durasi sekitar(belum menggunakan kata baku) enam menit yang semakin meningkat. “Tremor ini merupakan cerminan adanya aliran fluida gas atau migrasi tekanan ke permukaan,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar