Rabu, 10 Oktober 2012

tou organisasi


TUGAS
Teori Organisari Umum
Geeta Putri Mayangsari
2ka32
13111022 
  • ·         Pengertian dan macam-macam organisasi
  • ·         Bagan struktur organisasi
  • ·         Factor yang mempengaruhi organisasi

Pengertian organisasi sendiri banyak ditemukan oleh para pendapat,walau pun pendapat berbeda-beda tetapi artinya tetap sama.berikut ini menurut para pendapat :
1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih,dsb.
tetapi dapat disimpulkan arti dari organisasi tersebut yaitu  Organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan erat antara manajemen, organisasi dan metode (tata kerja). Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien. 
Macam-macam organisasi tersebut sebagai berikut:
o   Organisasi Niaga ,pengertiannya :
Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan 
Macam-macam Organisasi Niaga
1. Perseroan Terbatas (PT)

2. Perseroan Komanditer (CV)‏
3. Firma (FA)‏
4. Koperasi
5. Join Ventura
6. Trus
7. Kontel
8. Holding Company

o   Organisasi Sosial ,pengertiannya:
Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
a. Jalur Keagamaan 
b. Jalur Profesi
c. Jalur Kepemudaan 
d. Jalur Kemahasiswaan
e. Jalur Kepartaian & Kekaryaan

  Organisasi Regional & International ,pengertiannya:
   organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja
Salah satu contoh sederhana bagan -bagan terstruktur pada organisasi sebagai berikut :




Factor-faktor yang mempengaruhi organisasi tersebut ialah :
Faktor perubahan dalam suatu organisasi dapat terjadi karna 2 faktor, yaitu :
1. Faktor internal :

Merupakan suatu faktor yang segala keseluruhan faktor yang ada di dalam organisasi dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi tersebut yang bersangkutan.

2. Faktor eksternal :

Merupakan segala keseluruhan faktor yang ada di luar organisasi yang dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Beberapa faktor tersebut antara lain :
Politik, Hukum , Kebudayaan, Teknologi, Sumber alam, Demografi dan sebagainya.
Dari perubahan tersebut tentunya akan berdampak pada beberapa perubahan dalam organisasi tersebut, seperti perubahan sifat organisasi. Untuk menangani masalah tersebut, haruslah organisasi tersebut menetapkan suatu tindakan atau kebijakan dan penyesuaian diri agar sifat organisasi yang sebelumnya tidak lenyap dan terganti.
Saat terjadi perubahan struktur organisasi, haruslah tetap berpegang teguh kepada prinsip bahwa struktur organisasi telah disusun dan di tetapkan dengan tujuan memberikan suatu gambaran tentang berbagai hal dalam organisasi tersebut.
Dalam melakukan perubahan dalam suatu organisasi umumnya tidak berjalan dengan begitu lancar karna terdapat beberapa hambatan dalam proses perubahan tersebut. Hambatan tersebut umumnya terjadi dari luar atau dari faktor ekstenal.

kesimpulan
Organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan erat antara manajemen, organisasi dan metode (tata kerja). Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar